Acara Resepsi Pernikahan

Sebuah pernikahan pada intinya adalah pembentukan sebuah lembaga baru yang berisikan seorang suami, seorang istri dan anak dikemudian hari. Acara resepsi pernikahan tidak termasuk dalam acara penting yang harus ada pada sebuah pernikahan. Pernikahan akan resmi dan sah cukup secara agama dan Negara, secara agama pernikahan cukup mengikuti syarat sah agama yang pasti sudah diketahui setiap petugas kantor urusan agama. Setelah itu petugas agama akan mengurus berkas-berkas seperti buku nikah dan sebagainya agar pernikahan ini juga resmi dan diakui Negara. Tanpa melaksanakan sebuah resepsi pernikahan sepasang kekasih telah dapat dinyatakan sebagai suami dan istri. Jika hal ini dinilai ekstrim maka sebenarnya hal ini tidak melanggar aturan apapun dan bahkan sangat sesuai dengan aturan yang berlaku, tetapi tentu saja tanpa adanya sebuah resepsi pernikahan akan menyebabkan berita miring di masyarakat. Oleh karena itu, biasanya pada setiap acara pernikahan pasti disertai dengan acara resepsi pernikahan sebagai pemberitahuan kepada masyarakat dan keluarga jauh bahwa kedua mempelai saat ini sudah resmi menjadi suami istri.

Acara resepsi pernikahan dilaksanakan sesudah semua rangkaian upacara pernikahan selesai dan kedua mempelai dinyatakan sah sebagai suami istri. Rangkaian acara pernikahan ini bermacam-macam dan tergantung dari kondisi kedua mempelai dan keluarga. Seperti yang telah disebutkan diatas maka acara pernikahan yang paling mudah adalah kedua mempelai dengan atau tanpa wali mendatangi kantor urusan agama untuk dinikahkan sesuai dengan hukum agama dan Negara. Acara resepsi pernikahan dapat dilangsungkan pada hari yang sama dengan pernikahan ataupun berbeda, hal ini sudah menjadi umum untuk dilaksanakan dan semuanya tergantung kepada kedua mempelai pengantin. Pada kalangan umat Islam biasanya mengadakan pernikahan pada hari jumat dan resepsi pernikahan pada hari minggu. Pada acara hari jumat yang diundang biasanya hanya orang-orang terdekat dari kedua mempelai, sedangkan pada acara resepsi pernikahan di hari minggu undangan akan lebih banyak lagi, meliputi keluarga jauh dan kenalan atau rekan kerja.

Banyak hal yang harus dipersiapkan kedua mempelai dan keluarga saat membuat rencana untuk menggelar acara resepsi pernikahan. Hal ini tentu saja dapat membuat calon pengantin mengalami kebingungan untuk memulai dari mana. Hal yang paling baik untuk memulai perencanaan sebuah resepsi pernikahan adalah dengan menentukan ritual apa yang akan digunakan, misalnya saja mau menggunakan ritual atau adat pernikahan Palembang yang harus memiliki panggung maka ini akan menuntun jalan selanjutnya dalam perencanaan resepsi pernikahan. Berikutnya yang harus dibahas adalah masalah anggaran, berbicara masalah uang yang harus dipersiapkan memang bukan termasuk hal yang dapat dibahas dengan tersenyum bahagia, tetapi uang harus diprioritaskan dalam membahas rencana resepsi pernikahan. Hal yang harus direncanakan berikutnya adalah tamu undangan, buat daftar nama tamu yang akan diundang dan tentukan jenis undangan yang akan digunakan, apakah cukup diundang melalui facebook atau harus diundang secara langsung dalam acara resepsi pernikahan.

acara resepsi pernikahan (48), acara resepsi pernikahan kristen (47), acara pernikahan kristen (27), kata-kata dalam undangan pernikahan islam (23), pernikahan tanpa resepsi (19), resepsi pernikahan kristen (18), prosesi-resepsi-pernikahan-kristen (15), rangkaian acara pernikahan (14), rencana resepsi pernikahan (13), kalimat undangan pernikahan islam (13)

Tags: , , , , , , , ,

Posted in: tentang pernikahan