Kartu Undangan: Penyambung Lidah Pasangan Pengantin

Sebagai pasangan kekasih yang akan menikah atau orang yang memiliki tanggung jawab terhadap suksesnya acara resepsi pernikahan maka haruslah diketahui pentingnya sebuah kartu undangan. Dalam setiap pernikahan yang telah dan akan berlangsung, setiap pasangan kekasih yang akan menjadi pasangan pengantin selalu berharap bahwa acara mereka akan berlangsung meriah dan menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan. Dan faktor utama yang menjadi kunci semua itu adalah tamu atau orang yang hadir dalam acara tersebut. Oleh karena itu kartu undangan pernikahan memiliki peranan yang cukup penting dalam setiap acara pernikahan. Tentungan akan sangat merepotkan saat ini jika pasangan pengantin harus berbicara secara langsung, istilah bahasa asingnya “mouth to mouth”, dalam menyampaikan undangan pernikahan ini dan tidak menggunakan kartu undangan. Bayangkan jika pasangan pengantin ini harus mendatangi atau menelpon setiap teman dan saudara untuk menyampaikan kabar gembira ini, tentu saja untuk sebagian tamu memang ada baiknya jika diundang secara langsung, seperti ketua adat ataupun pejabat daerah. Kartu undangan disini berfungsi sebagai penyambung lidah pasangan kekasih yang akan menikah ini.

Selain untuk mempermudah pasangan pengantin dalam menyebarkan kabar gembira, kartu undangan juga memiliki berbagai fungsi yang lain. Fungsi tambahan ini tergantung dari keinginan dan kreatifitas dari pasangan pengantin. Sebelum dibahas apa fungsi lain tersebut, kartu undangan memiliki fungsi mengingatkan yang lebih besar kepada tamu yang kita undang dibandingkan dengan undangan secara langsung. Jika diundang secara langsung tamu yang diundang mungkin saja lupa waktu acara resepsi pernikahan akan berlangsung, atau lupa hari dan tempat acara akan dilakukan. Hasilnya adalah jika mereka merasa malu untuk menanyakan hal tersebut maka mereka tidak akan hadir pada acara tersebut. Hal ini menjadi berbeda jika menggunakan kartu undangan, pada saat tamu undangan tersebut lupa kapan atau dimana acara pernikahan akan berlangsung maka mereka hanya perlu melihat kembali kedalam kartu undangan tersebut. Dengan begini maka kemungkinan datangnya tamu undangan dari undangan yang kita sebarkan akan menjadi lebih besar, paling tidak cara ini dapat meminimalisir kemungkinan tamu tidak hadir karena lupa.

Seperti ditulis diatas bahwa kartu undangan pernikahan juga memiliki fungsi lain, fungsi lain tersebut salah satunya adalah sebagai kalender. Biasanya setiap rumah membutuhkan kalender, bahkan hampir setiap orang juga butuh kalender, jika kartu undangan yang disebarkan ternyata memiliki fungsi sebagai kalender juga maka pasti akan disimpan oleh orang yang diundang.Mungkin akan muncul pertanyaan bahwa mengapa nilai tambah (fungsi lain) ini perlu dibuat, jawabannya sangat bervariasi dan semua orang mungkin memiliki pendapat yang berbeda. Biasanya sebuah kartu undangan tidak berguna lagi jika acara pernikahan telah berlangsung, tetapi bisa juga akan langsung masuk ke dalam kotak sampah setelah dibaca. Untuk itulah perlu difikirkan untuk memesan kartu undangan yang walaupun acara pernikahan telah berlangsung akan tetap disimpan, selain sebagai kalender juga bisa di desain sebagai aksesoris ruangan atau sesuatu yang unik yang memungkinkan orang yang memerima undangan mau menyimpan atau menggunakannya.

Tags: , , , , ,

Posted in: undangan pernikahan