Pilihan Baju Pernikahan

Di Indonesia, pilihan baju pernikahan yang dapat dikenakan oleh kedua mempelai bisa beraneka macam. Semuanya bergantung pada konsep dan tema resepsi yang dipilih oleh pengantin. Tentu saja, memilih jenis busana yang dikenakan bergantung pada banyak faktor dan pertimbangan. Beberapa pilihan busana pernikahan yang marak dikenakan di Indonesia pada dasarnya dikelompokkan menjadi 4 macam.

Baju Pernikahan Daerah

Pakaian adat daerah merupakan pilihan yang umum dipilih oelh para pengantin. Dalam hal ini, baju pernikahan harus mengikuti aturan adat yang berlaku. Dalam busana pengantin Jawa, pengantin harus melalui beberapa hal terlebih dahulu sebleum bisa mengenakan busana adat Jawa. Di Indonesia, busana pernikahan adat berjumlah sangat banyak, sebanayak jumlah suku yang ada. Masing-masing memberikan nuansa dan keindahan yang berbeda. Pengantin dari 2 suku yang berbeda biasanya mengenakan 2 baju adat dalam 1 prosesi pernikahan.

Baju Pernikahan Nasional

Pilihan ini juga merupakan yang paling sering dikenakan. Pengantin wanita biasanya mengenakan kebaya, dan pengantin pria mengenakan jas yang serasi.  Perpaduan busana ini merupakan yang palin umum dikenakan saat ini. Maraknya tren mengenakan baju pernikahan ini ditandai dengan maraknya butik-butik yang menerima pesanan para calon pengantin. Model dan warnanya pun sudah sangat bervariasi dan menawarkan keanggunan yang berbeda-beda. Sealin indah, busana ini lebih umum dan dapat dikenakan kapan dan dimana saja.

Baju Pernikahan Bergaya Barat

Busana bergaya barat juga menjadi pilihan bagi para pasanagan modern. Busana ini cenderung lebih simple tetapi tetap menampilkan keanggunan pada pemakai. Pengantin wanita biasanya mengenakan gaun dengan berbagai model dan variasi detil serta warna. Sedangkan pengantin pria mengenakan setelan jas dengan inner vest dan dasi yang elegan. Warna pilihan favorit untuk gaun pengantin wanita adalah putih dan ivory. Sedangkan jas pengantin pria menyesuaikan waran gaun dan dasi serta inner vest disesuaikan warna tema pernikahan.

Baju Pernikahan Muslim

Pilihan terakhir ini juga mulai marak dikenakan oleh pengantin. Bebrapa butik yang khusus menerima pesanan baju pernikahan muslim menawarkan berbagai model, variasi, dan harga yang kompetitif. Busana ini lebih menonjolkan kesan sederhana dan anggun dan tidak berlebihan. Seiring tuntutan zaman, penganti wanita seringkali mengenakan gaun bergaya barat dengan sentuhan muslim. Kesan santun, tertutup, tetapi anggun menjadi kesan yang selalu ditinggalkan busana ini. Tidak seperti busana pengantin lainnya, busana ini lebih minim payet dan berbagai batu hiasan. Modelnya pun sederhana dan tidak berlebihan.

Tags: , , , , , , , ,

Posted in: tentang pernikahan