Ucapan Pernikahan

Ucapan pernikahan memiliki banyak manfaat, baik bagi yang mengucapkan maupun yang menerima ucapan. Seperti halnya ucapan selamat untuk kejadian atau peristiwa penting lainnya sebuah ucapan mewakili perhatian dan empati pihak yang mengucapkan kepada pihak yang mengalami kejadian tersebut. Berbagai peristiwa penting selain ucapan pernikahan adalah ucapan ulang tahun, ucapan selamat atas promosi dan ucapan belasungkawa. Ucapan yang diberikan pada berbagai peristiwa penting tersebut sebenarnya juga adalah doa yang diberikan sebagai rasa empati atas kejadian yang menimpa orang lain. Jika ucapan ini disampaikan pada acara berbahagia, seperti ucapan pernikahan maka ucapan tersebut adalah doa semoga pernikahan tersebut menjadi pernikahan yang bahagia dan sebagainya. Sebaliknya jika ucapan tersebut disampaikan pada kejadian yang kurang enak seperti kematian salah satu anggota keluarga maka ucapan ini bermanfaat untuk memberikan dukungan kepada keluarga yang ditinggal. Manfaat ucapan pernikahan juga sebagai pengingat kepada pasangan pengantin bahwa banyak pihak yang memperhatikan mereka.

Ucapan pernikahan ini memiliki berbagai macam bentuk dan variasi, yang paling sederhana adalah pada saat para tamu dan undangan memberikan selamat kepada pasangan pengantin diatas panggung. Selain itu ucapan pernikahan pun biasanya disampaikan oleh wakil yang telah dipilih dari masing-masing keluarga mempelai dan juga dari teman kedua mempelai. Biasanya ucapan ini disampaikan setelah acara pernikahan yang mensahkan kedua mempelai menjadi sepasang suami istri. Ucapan pernikahan dari masing-masing keluarga mempelai biasanya disampaikan oleh orang tua masing-masing mempelai ataupun tokoh yang dihormati pada masing-masing keluarga. Sedangkan ucapan pernikahan dari teman kedua mempelai biasanya disampaikan oleh orang yang diplih oleh kedua mempelai dan kenal baik dengan kedua mempelai.

Ucapan pernikahan juga memiliki berbagai bentuk, seperti yang telah disebutkan diatas bahwa yang paling sederhana adalah yang disampaikan kepada kedua mempelai di atas panggung. Biasanya ucapan ini adalah doa, baik itu panjang maupun pendek. Doa seperti, “Selamat menempuh hidup baru Sahabatku, semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah” atau ucapan pernikahan yang lebih panjang jika kedua mempelai beragama Islam yaitu sesuai dengan doa nabi saat pernikahan anaknya dapat berubah menjadi sangat pendek menjadi, “Selamat ya…” jika antrian tamu menjadi demikian panjang. Selain ucapan pernikahan dari keluarga dan tamu pada saat pernikahan, kita juga mengenal janji pernikahan dari mempelai pengantin kepada pasangannya, pada agama Islam juga dikenal dengan nama Ijab Qabul, pada agama lain juga ada sumpah atau janji pernikahan. Manfaat sebenarnya dari ucapan pernikahan ini adalah sebagai penguat kepada mempelai pengantin, penguat dan pengingat pada saat rumah tangga mengalami goncangan agar rumah tangga tetap dapat langgeng. Jika sedang menghadapi masa sulit pasangan mempelai bisa mengingat kembali janji yang telah diucapkan dan ucapan pernikahan serta doa yang telah diberikan oleh orang lain.

ucapan ulang tahun pernikahan (386), ucapan selamat ulang tahun pernikahan (198), doa pernikahan kristen (169), ucapan pernikahan kristen (159), ucapan ulang tahun perkawinan (147), ucapan ultah pernikahan (112), ucapan selamat pernikahan kristen (94), ucapan pernikahan (94), kata kata mutiara pernikahan kristen (88), ucapan ultah perkawinan (87)

Tags: , , , , , , ,

Posted in: tentang pernikahan